Kamis, 12 Desember 2013

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi atau yang di sebut dengan Hypertensi arteri adalah kondisi kronis dengan tekanan darah di arteri yang meningkat . Peningkatan Tekanan darah itu menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dari normalnya. Tekanan Darah melibatkan 2 pengukuran yaitu sistolik dan diastolik . Tekanan Darah pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100-140 mmHg dan diastolik 60-90 mmHg. Tekanan darah Tinggi terjadi bila terus menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi adalah faktor utama untuk stroke, serangan jantung , gagal jantung , aneurisma arteri , penyakit arteri parifer , dan penyebab penyakit ginjal kronik. Selain faktor genetika atau keturunan , usia , jenis kelamin, ada faktor penyebab lainnya  antara lain :
  1. Stres
  2. Kegemukan ( Obesitas )
  3. Kurang Ber OlahRaga
  4. Kebiasaan merokok
  5. Konsumsi berlebihan atas garam, alcohol , dan makanan berlemak Tinggi
Sedangkan gejala Umum yang di derita oleh orang tekanan darah tinggi meliputi :
  1. Sakit Kepala pada saat bangun tidur dan menghilang beberapa jam kemudian
  2. Rasa Pegal dan Tidak nyaman pada tengkuk
  3. Telinga berdenging
  4. Detak jantung berdetak cepat
  5. Pandangan Agak kabur, sakit pinggang dan mudah marah
Apabila merasakan seperti yang diatas, segera mencari bantuan untuk mengatasi Tekanan Darah Tinggi mengingat ada banyaknya komplikasi serius jika anda mengalaminya , yaitu
  • Kerusakan Otak ,Tekanan Darah Tinggi menyebabkan pecahnya pembuluh darah otak ( Stroke ) akbitnya dareah tercecer di daerah tertentu di otak , sehingga di bagian otak lainnya tidak di aliri darah secara normal sehingga terjadi kerusakan Otak.
  • Kerusakan Jantung , Tekana Darah Tinggi menyebabkan pembesaran Otot jatung sebelah kiri , menyebabkan jantung bekerja lebih keras di atas normal
  • Kerusakan Ginjal, Tekanan Darah Tinggi membuat pembuluh darah dalam ginjal tertekan , sehingga pembuluh ginjal rusaksehingga fungsi ginjal menurun dan menyebabkan gagal ginjal.
  • Kerusakan Mata, Tekanan Darah Tinggi menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan syaraf pada mata sehingga penglihatan terganggu.
Pencegahan Hipertensi atau Tekana darah Tinggi dapat di lakukan dengan cara :
  • Mengkonsumsi buah - dan sayuran
  • Mengurangi konsumsi garam, alcohol dan makanan berlemak tinggi
  • mengurangi berat badan , istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur
  • Lakukan Pengecekan Tekanan Darah secara teratur
 Apabaila cara diatas kurang mempan, penting bagi Anda mengkonsumsi Obat dari resep dokter ataupun Alternatif Herbal untuk mengurangi Tekanan Darah Tinggi Anda.

Semoga Artikel ini bermanfaat , share ke orang yang Anda sayangi .

Terima kasih

8 komentar :

  1. Informasi yang sangat menarik dan mencerahkan untuk kita semua. Terimakasih atas sharing nya. Salam :)

    BalasHapus
  2. sy pernah ngadepin orang yg hipertensi, masya Allah diajak ngomong halus malah balik kasr,... heheheh oy selain itu ada obat yng laenya nggak ?

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya harus banyak-banyak makan sayuran nih :(

    BalasHapus